Langsung ke konten utama

Abraham Lincoln Kecil (part 1)

Lin
Hai hai hai...
Kita bersua lagi. Heheh. Kali ini saya akan menuliskan kisah tentang salah satu tokoh besar dunia yang sangat berpengaruh. Salah satu tokoh yang saya baca di buku berjudul "Orang-orang besar Pria dan Wanita" yang dialihbahasakan oleh Ali Marsaban dari buku aslinya yang berjudul "Great Men and Women" karya Leslie W. Leavitt. Tokoh yang patut menjadi inspirasi dan panutan bagi kita semua kawula muda terkhusus bagi pria hehehehehl Kisahnya memang sudah seabrek diulas di internet dan saya hanya akan menulis yang penting saja menurutku.
Baiklah mari kita mulai...



Abe, begitu ia biasa dipanggil. Ia lahir pada tahun 1809 di sebuah desa kecil daerah Kentucky. Ayahnya bernama Thomas Lincoln, ibunya Nancy Hanks dan kakaknya bernama Sarah. Pada saat ia berusia 7 tahun, Abraham berjalan empat mil tiap harinya ke sekolah kecil. (1 mill = 1,609 Km jadi 4 mil = 6,436 Km) Malang bagi keluarga kecilnya, ibunya meninggal akibat penyakit ganas. Apalagi saat itu Sarah baru berumur 11 tahun dan masih terlalu kecil untuk mengurus rumah tangga. Tahun berikutnya, Ayahnya memperistri seorang janda dengan dua orang putra dan seorang  putri. Beruntung wanita tersebut adalah seorang ibu yang baik. Ia tidak membeda-bedakan kelima anaknya itu.

Seiring waktu, Abraham tumbuh menjadi besar dan kuat. Tingginya lebih dari 6 kaki. (1 kaki = 0,3048 m, jadi 6 kaki = 1,8288 m. Mungkin sekitar dua meter ). Ia bekerja keras pada segala macam pekerjaan, karena keluarganya selalu miskin. Ia selalu bertanya, membaca buku dan berpikir. Kalau ada yang menarik hatinya ia tulis dan menghafalnya. Malam hari ia duduk berjam-jam di depan perapian terbuka di pondoknya belajar dan menulis. Karena tidak ada kertas di rumah, ia pergunakan potongan-potongan papan sebagai tempat ia menulis. Salah satu buku yang dipinjamnya dari tetangganya ialah "Penghidupan Washington".

Washington ialah Presiden Amerika Serikat yang pertama. Ia disebut Bapak dari negaranya. Abraham senang sekali pada buku itu, hingga ia bawa tidur dan ditempatkan di sela kayu-kayu dinding pondoknya, supaya ia bisa segera membaca kalau bangun dari tidurnya di pagi hari. Lalu suatu malam hujan turun dan merusakkan buku itu. Sebagai ganti rugi, pemiliknya menyuruh Lincoln untuk bekerja di ladang jagungnya selama tiga hari. Tetapi hal ini tidak membuatnya berhenti meminjam. Tidak lama kemudian ia telah membaca tiap buku yang dimiliki setiap orang yang hidup sekitar lima mil. Ia lapar dan haus untuk mengetahui lebih banyak lagi apa yang tersembunyi di antara sampul buku-buku itu. Ia selalu berkata "Apa yang ingin saya ketahui ada dalam buku. Teman terbaik saya adalah orang yang bisa mendapatkan buku yang belum pernah saya baca". (Wahhh saya sangat setuju dan sependapat dengan kata-katanya ini)

Pada waktu Abraham berumur 21 tahun keluarganya pindah ke negara bagian Illionis. Ia kemudian meninggalkam rumahnya untuk memulai hidup sendiri. Pekerjaan pertamanya ialah membantu membawa barang milir sungai ke New Orleans. (Barang milir itu apaan ya?)

Ada banyak peristiwa penting yang ia alami yang mengantarkan menjadi orang nomor satu di Amerika Serikat. Abraham ternyata pernah bergulat dengan seorang pemuda kasar dan kuat bernama Jack Amstrong. Tentu saja pergulatan ini dapat dimenangkannya. Saat itu Abe berbobot 180 pon dengan lengan panjang dan kuat. (1 pon = 0,45359237 jadi 180 pon = 81,6466267 Kg). Selain itu ia juga menjadi kapten untuk mempertahankan negara bagian dari orang Indian yang tak bersahabat. Abe juga pernah mempunyai usaha toko bersama temannya Berry namun tidak maju. Keadaan seperti ini membuatnya lebih banyak waktu untuk membaca dan belajar. Suatu hari seseorang berhenti di tokonya untuk menjual tongnya namun, Abe tidak menginginkannya. Untuk menyenangkan hati orang tersebut ia pun memberikan sesuatu seharga setengah dolar. Ketika ia membuangkan kertas tua dari dalam tong itu ia menemukan sebuah buku. Buku itu ternyata Buku Hukum masyhur yang dimiliki oleh setiap ahli hukum. Buku itu seperti mengatakan "Ambillah saya dan bacalah. Anda dilahirkan untuk menjadi pengacara". Memang benar, Abe pun kelak menjadi seorang pengacara yang terkenal jujur dan selalu melakukan apa yang ia pikir benar (Kalau niat kita tulus dan ikhlas untuk membantu yaa percaya deh gak akan sia-sia kok heheheh).

******to be continued*****




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran, Fungsi dan Problematika Kurikulum 2013

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas kunjungan Anda. Tulisan ini saya himpun dari beberapa buku yang terkait dengan judul postingan ini.Jika terdapat hal-hal yang kurang dipahami dan tidak disetujui, harap maklum, saya kan bukan ahlinya, hehehehe,,,.  silahkan di baca.... A.     Pengertian dan Konsep Kurikulum Istilah kurikulum ”curriculum” pada mulanya berasal dari kata curir yang berarti “pelari” dan “curere” yang mengandung makna “tempat berpacu”, yang pada awalnya kata tersebut digunakan di dalam dunia olahraga. Pada saat ini kurikulum diartikan sebagai jarak yang harus ditempuh oleh seorang pelari mulai dari start sampai finish untuk memperoleh medali atau penghargaan. Lantas pengertian tersebut mengalami perluasan dan juga digunakan dalam dunia pendidikan yang kemudian menjadi sejumlah mata pelajaran subject yang harus ditempuh oleh seorang siswa dari awal saat ia mulai masuk sekolah hingga akhir program pelajaran itu sendiri selesai guna memperolah penghargaan

seni tari

SENI TARI 1.       Pengertian Seni Tari Tari adalah desakan perasaan manusia di dalam dirinya yang mendorongnya untuk mencari ungkapan yang berupa gerak-gerak yang ritmis. Tari juga merupakan ungkapan jiwa manusia melalui gerakan ritmis sehingga dapat menimbulkan daya pesona. Yang dimaksud ungkapan jiwa adalah meliputi cetusan rasa dan emosional yang disertai kehendak. Definisi seni tari menurut para ahli adalah sebagai berikut : a.        Kamala Devi Chattopadhyaya Seorang kritikus dan seniman India, mendefinisikan tari sebagai gerakan-gerakan luar yang ritmis dan lama kelamaan tampak mengarah pada bentuk-bentuk tertentu. b.        Corry Hartong Menurut Corry Hartong, tari ialah gerakan yang berbentuk dari ritmis dari badan di dalam ruang. c.        Soedarsono Seorang kritikus seni yang mendefinisikan tari sebagai ekspresi jiwa manusia melalui gerakan-gerakan ritmis yang indah. Dari batasan tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa media dasar seni tari adalah gerak, a

sejarah ilmu peluang

Sejarah Ilmu Peluang                                                                                                                                 Ilmu hitung peluang sesungguhnya telah digunakan oleh manusia sejak jaman kuno. Namun, penelitiannya baru dilakukan secara sungguh-sungguh oleh para ahli matematika pada pertengahan abad ke-17. Pada awalnya pemakaian ilmu hitung peluang banyak diwarnai oleh segi buruknya. Ketika itu para penjudi melakukan penyelidikan guna memperoleh informasi tersembunyi agar memenangkan permainan kartu. Akan tetapi, “analisis cerdik”mereka mengenai persoalan tersebut sebagian besar   telah dilupakan orang. Ilmu hitung peluang yang dewasa ini dikemukakan oleh tiga orang Perancis, yaitu bangsawan kaya Chevalier De Mere dan dua ahli matematika Blaise pascal serta Fierre de fermat. Pada tahun 1652, de Mere bertemu dengan Pascal dalam suatu perjalanan. Untuk memperoleh bahan pembicaraan yang menarik, de Mere yang bersemangat dengan masalah duniaw