A.
Pengertian
Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran
yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok. Setiap siswa dalam kelompok memiliki kemampuan yang berbeda-beda
(tinggi, sedang, rendah). Model ini mengutamakank erjasama dalam menyelesaikan permasalahan untukmenerapkan pengetahuandan keterampilan dalamr angka mencapai tujuan pembelajaran.
Model pembelajaran kooperatif dikembangkan untuk mencapai setidak-tidaknya tigat ujuan penting pembelajaran, yaitu :
1.
Hasil belajar akademik,
2.
Penerimaan terhadap keragaman, dan
3.
Pengembangan keterampilan social
(Ibrahim, dkk, 2007:7).
Melalui model
ini diharapkan tidak cuma kemampuan akademik yang dimiliki siswa tetapi juga keterampilan yang lain.
Keterampilan-keterampilan itu menurut Ibrahim,dkk.(2000:47-55),
Antara lain:
1.
keterampilan-keterampilan sosial,
2.
keterampilan berbagi,
3.
keterampilan berperan serta,
4.
keterampilan-keterampilan komunikasi,
5.
pembangunan tim,dan
6.
keterampilan-keterampilan kelompok.
B.Langkah-langkah pembelajaran pembenlajaran kooperatif
1.
STAD (STUDENT TEAMS ACHEIVEMEN DIVISIONS)
Untuk
semua bidang studi.
1.
Penyajian bahan ajar.
2.
Bentuk tim dan belajar di tim mereka sendiri untuk
menjawab kemungkinan-kemungkinan pertanyaan guru.
3.
Beri
kuis/pertanyaan-pertanyaan (anggota tim tidak saling membantu).
4.
Pertanyaan-pertanyaan diulang bagi siswa yang tidak dapat
menjawab untuk perbaikan skor.
5.
Pengenalan tim. Guru menunjukkan pada seluruh kelas tim
mana yang paling mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan guru dan diberi hadiah
bila perlu.
2. TGT (TEAM GAMES TOURNAMENTS)
Untuksemuabidangstudi.
1.
Penyajian bahan ajar.
2.
Bentuk
tim dan belajar di tim mereka sendiri untuk menjawab kemungkinan-kemungkinan
pertanyaan guru.
3.
Games. Yaitu model permainan. Salah satu wakil tim yang
dianggap mampu ke depan kelas. Para wakil (boleh 3-4) diberi pertanyaan oleh
guru. Pertanyaan guru boleh dijawab oleh wakil tim yang lain bila tidak menjawab.
Permainan lain persiapan permainan. Selelah kartu diisi nomor lalu siswa yang
ke depan mengambil nomor undian yang berisi pertanyaan-pertanyaan. Siswa duduk
di meja yang dikasi warna berbeda, misalnya kuning, hijau, merah dan lain-lain.
Pertanyaan bisa dibacakan oleh seorang murid yang lain, selanjutnya siswa yang
menang maju dengan peserta lain dan seterusnya.
4.
Pengenalan tim (sama dengan di STAD).
Untuk semua bidangstudi.
1.
Penyajian bahan-bahan ajar.
2.
Bentuk tim dan siswa bekerja di tim mereka menjawab
pertanyaan yang berbeda.
3.
Bentuk tim ahli. Yang menjawab pertanyaan nomor 1 kumpul
dengan yang menjawab pertanyaan nomor 1, begitu pula yang menjawab pertanyaan
nomor 2 dan seterusnya.
4.
Setelah selesai kembali ke tim mereka masing-masing. Masing-masing orang
memberitahujawaban.
5.
Evaluasi.
4. CO-OP CO-OP( COOPERATIVE - COOPERATIVE)
Untuksernuabidangstudi.
1.
Diskusikan dengan siswa minat, keinginan siswa untuk
mempelajari topik, pengalaman yang mereka miliki.
2.
Bentuk tim sesuai yang mereka inginkan.
3.
Tim memiliki lopik yang diinginkan.
4.
Tim membicarakan mini topik yang mana mau dibahas oleh
masing-masing pribadi siswa dalam tim (pemilihan mini topik).
5.
Persiapan mini topik. Di sini siswa
bekerja secara individu untuk memutuskan semua pertanyaan yang akan muncul
terhadap mini topik tersebut.
6.
Presentasi mini topik. Masing-masing siswa berprestasi
dihadapan anggota timnya terhadap hal-hal/bagian-bagian yang ditugaskan pada
masing-masing siswa.
7.
Persiapan presentasi tim. Tim disiapkan untuk ke depan
kelas untuk dilakukan dalam diskusi kelompok besar / diskusi kelas.
8.
Presentasi tim. Satu tim mengambil kontrol terhadap kelas.
9.
Evaluasi.
a.
Tampilan tim dievaluasi oleh kelas.
b.
Kontribusi individu untuk usaha tim dievaluasi oleh
anggota.
c.
Presentasi mini topik oleh masing-masing siswa dievaluasi
oleh guru.
5. TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALINATION) ATAU
(TEAM ACCELERATED INSTRUCTION)
Untuk Matematika.
1.
Bentuk tim (sama dengan di STAD, TGT)
2.
Pre test.
3.
Pemberian materi.
4.
Tim belajar masing-masing mencri tim mereka dan membahas
semua hal yang berhubungan dengan materi. I
5.
Team
scores and team recognation.
6.
Teaching
Groups. Setiaphari guru ada di tim-tim yang berbedauntukmembantu
kesulitan tim. Di sini dituntut keterampilan guru dalam membimbing kelompok
kecil.
7.
Test. Tes diberikan hampir 2 x seminggu, atau boleh
disuruh belajar di rumah dengan LKS barn besoknya dites.
8.
Whole Class Unit. Lebih kurang 3 minggu guru bisa
menyetop program ini dan bisa belajar ke hal lain.
6.
LEARNING
TOGETHER
Untuk Matematika.
1.
siapkan materi.
2.
Bentuk tim
3.
Lembar kerja/assignment sheet.
4.
Presentasi.
5.
Assesment.
7.
GROUP
OF FOUR
Untuk semua bidang studi.
1.
Dibentuk kelompok masing-masing 4 orang.
2.
Pembahasan materi yang diberikan guru.
3.
Penyimpulan.
4.
Pelaporan.
Komentar