Langsung ke konten utama

kegunaan internet



A.     Sejarah Internet
Internet ditemukan secara berkala oleh beberapa pihak. Internet mulai digunakan kira-kira tahun 1960an  oleh Amerika Serikat sebagai ‘senjata’ pada saat Perang Dingin. Ilmuwan dan ahli militer Amerika sejak lama mengkhawatirkan kemungkinan rusaknya sistem komunikasi nasional mereka jika Uni Soviet menyerang. Sebuah misil dari Uni Soviet dapat menghancurkan seluruh jaringan telepon kabel yang selama ini mengefisiensi komunikasi jarak jauh militer Amerika Serikat. Pada tahun 1962, seorang ilmuwan dari M.I.T dan ARPA bernama J.C.R Licklider mengusulkan solusi berupa “jaringan galaktik” komputer yang dapat berkomunikasi antar satu komputer dengan yang lainnya. Solusi ini memugkinkan pemimpin pemerintah tetap melakukan komunikasi walaupun Uni Soviet menghancurkan sistem telepon kabel nasional Amerika Serikat.
Pada tahun 1965, ilmuwan lain dari M.I.T. mengembangkan metode pengiriman informasi dari sebuah komputer ke komputer lain yang disebut “packet switching”.  Metode ini membagi data menjadi beberapa blok atau paket sebelum dikirimkan ke tujuan. Dengan cara ini, setiap paket dapat dikirimkan melalui jalurnya masing-masing. Tanpa metode “packet switching”, jaringan komputer pemerintah – yang kemudian dikenal sebagai ARPAnet – akan rawan serangan musuh.
Pada akhir tahun 1969, hanya ada empat komputer yang terhubung dalam jaringan ARPAnet dan berkembang secara stabil hingga tahun 1970. Pada tahun 1971, ARPAnet terhubung dengan jaringan di University of Hawaii, yakni ALOHAnet, dan dua tahun kemudian terhubung pula dengan jaringan di London’s University College serta Royal Radar Establishment di Norway. Semakin banyaknya jaringan komputer dengan sistem “packet switching”, menyebabkan sulitnya menjadikan keseluruhan jaringan-jaringan tersebut menjadi sebuah ‘internet’.
Pada akhir tahun 1970, seorang imuwan komputer bernama Vinton Cerf menemukan solusi permasalahan jaringan dengan mengembangkan metode agar seluruh jaringan kecil di dunia dapat berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Cerf menyebut hasil penemuannya ini sebagai “Transmission Control Protocol” atau TCP. Selanjutnya Cerf menambah protokol berupa “Internet Protocol”, yang dikenal saat ini sebagai TCP/IP. Seorang penulis mendeskripsikan protokol temuan Cerf ini sebagai ‘jabat tangan’ yang mengenalkan sebuah komputer dengan sebuah komputer lain yang berbeda dan jauh dalam ruang virtual.
Sejak saat itu, internet telah banyak mengalami perubahan. Pada tahun 1992, sekelompok mahasiswa dan peneliti di University of Illinois mengembangkan browser yang disebut sebagai Mosaic (yang selanjutnya menjadi Netscape). Mosaic menawarkan cara yang mudah digunakan pengguna dalam melakukan pencarian web, dengan mengizinkan pengguna melihat kata dan gambar pada halaman yang sama untuk pertama kalinya dan dapat melakukan navigasi dengan scrollbar serta tautan.
B.     Pengertian Internet
Pada zaman globalisasi ini, keberadaan internet menjadi vital adanya di tengah-tengah masyarakat. Internet merupakan akronim dari Interconnected Network. Internet adalah suatu sistem komunikasi lobal yang menghubungkan jutaan computer di seluruh dunia yang terhubung dalam suatu jaringan. Internet juga merupakan sekumpulan jaringan computer yang menghubungkan situs-situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan.
Internet disebut juga dengan istilah dunia maya di mana setiap orang dapat memiliki sendiri untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan dunia maya. Setiap orang harus memiliki alamat yang jelas, sehingga memudahkan melakukan interaksi dan komunikasi dengan orang lain dalam melakukan kegiatan-kegiatan seperti, berkominikasi, bertransaksi dan kegiatan-kegiatan lainnya.

C.     Aplikasi
§  Beberapa aplikasi internet yang banyak dikenal di internet Antara lain sebagai berikut:
1.       World Wide Web (www)
Merupakan aplikasi yang paling penting karena dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. www adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia.
2.       Electronic Mail (email)
Adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik.
3.       Mailing List (Milis)
 Adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar  informasi dalam satu kelompok melalui email.
4.       Newsgroup
Adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu dengan  yang lain dalam sebuah forum.
5.       Internet Raly Chart (IRC)
Merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet yang dikenal dengan istilah chatting.
6.       File Transfer Protocol (FTP)
Merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari sebuah komputer lain dengan lebih cepat.
7.       Telnet
Adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh.
8.       Gopher
Adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet.
9.       Ping
Adalah singkatan dari Packet Internet Gopher.Ping digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan mempunyai hubungan (terkoneksi) dengan komputer lain di internet.

§   Perangkat keras yang di Gunakan
1.         Personal Komputer
adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.
2.    Modem
Modem merupakan singkatan dari Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
3.    Tower triangle
Adalah sebuah alat yang sering kita jumpai di sekitar kita. alat ini biasa kita jumpai di gedung -gedung tinggi maupun perkantoran, selain itu bisa juga kita jumpai di sekolah-sekolah maupun warnet. Tower triangle sendiri mempunyai fungsi yang sangat banyak. selain bisa kita gunakan untuk meletakkan atau sebagai tempat pendukung dalam instalasi jaringan internet, tower triangle juga bisa juga digunakan untuk antena radio amatir maupun antena lainnya.
4.    Access Point
Dalam jaringan computer adalah sebuah jalur akses nirkabel (Wireless Access Point atau AP) adalah perangkat komunikasi nirkabel yang memungkinkan antar perangkat untuk terhubung ke jaringan nirkabel dengan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth atau standar terkait. WAP biasanya yang terhubung ke jaringan kabel, dan dapat relay data antara perangkat nirkabel (seperti komputer atau printer) dan kabel pada perangkat jaringan.
Acces Point sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel, di access point inilah koneksi data/internet dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio, ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin besar kekuatan sinyal (ukurannya dalam satuan dBm atau mW) semakin luas jangkauannya.
5.         Kamera Internet/webcamp
Adalah sebutan bagi kamera waktu-nyata (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa dilihat melalui Waring Wera Wanua, program pengolahpesan cepat, atau aplikasi pemanggilan video. Istilah kamera ramatraya merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata ramatraya kadang-kadang diganti dengan kata lain yang memerikan pemandangan yang ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam yang memperlihatkan pemandangan jalan. Ada juga Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan perdesaan, TraffiCam yang digunakan untuk memantau keadaan jalan raya, cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam. Kamera ramatraya adalah sebuah kamera video bergana (digital) kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) colokan USB atau pun colokan COM.
6.     Telepon

§  Cara Menghubungkan
Untuk terhubung dengan internet maka kita dapat menghubungkan melalui jaringan, Saluran Telepon Langsung (Dial Up),menggunakan jaringan GPRS, WiFi, menggunakan jaringan TV Kabel, menggunakan Wireless Broadband dan lain-lain.

D.     Kegunaan  Internet
Internet sangat membantu  dalammenunjang kegiatan manusia sehari-hari. Kegiatan yang kita lakukan akan  semakin mudah dengan adanya internet. Kegunaan internet dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebagai berikut:
a.       Sumber Informasi
Saat ini, hampir semua Koran atau majalah telah memiliki edisi Cyber, termasuk juga Koran atau majaah terbitan Indonesia, seperti harian suara merdeka dengan www.suaramerdeka.com, harian kompas dengan www.kompas.com, harian media Indonesia dengan www.mediaindonesia.com, bahkan beberapa media informasi publik hanya menyediakan berita dalam bentuk digital tanpa ada bentuk cetaknya, seperti www.detik.com, www.kapanlagi.com, www.youtube.com, dan lain-lain. Demikian juga media elektronik seperti stasion radio dan televise juga sudah memiliki edisi streaming audio seperti, radio muslim dengan www.radiomuslim.com, www.rcti.co.id, www.metrotvnews.co.id, dan lain-lain.
Beberapa kelebihan membaca berita secara online, Antara lain:
§  Beberapa wbsite telah menyediakan berita terbaru tanpa menunggu berita tersebut dimuat dalam media cetaknya.
§  Menu pencarian lebih fleksibel krena medi online dilengkapi dengan pencarian indeks berita.
§  Bisa membaca edisi sebelumnya tanpa mengalami kesulitan, dan ini sangat sulit dilakukan pada edisi cetaknya.

b.       Sumber belajar Online
Dewasa ini telah banyak tersedia website yang menyediakan bahan belajara yang dapat dibuka kapan saja dan di mana saja. Para siswa sekarang tidak perlu took-toko buku yang menyediakan buku-buku pelajaran. Di Indonesia Depdiknas sudah memiliki website khusus untuk menyediakan buku-bulu pelajaran bagi siswa SD sampai tingkat SMA, yaitu http://bse.depdiknas.go.id/ dan website ini telah disediakan buku-buku yang dapat diunduh oleh siapa saja secara gratis. Masih banyak website yang menyediakan informasi-informasi pembelajaran, misalnya www.invir.com yang menyediakan  bank soal semua mata pelajaran, bahkan di website ini disediakan fasilitas mengerjakan soal secara interaktif.

c.       Ensiklopedia Online
Sebuah website yang menyediakan artikel dengan jumlah tulisan yang semakin bertambah dan tersedia dalam hampir semua bahasa di dunia, yaitu http://wikipedia.org. bahkan diwebsite ini juga dapat ditemukan berbagai macam buku dalam berbagai bahasa, kamus dalam berbagai bahas. Dan lain-lain.
Tidak hanya bahasa utama suatu Negara, bahkan tersedia pula dalam bahasa-bahasa lokal. Di Indonesia alamat http://id.wikipedia.org yaitu website ensiklopedia dalam bahasa Indonesia, juga telah dilengkapi dengan bahasa-bahasa daerah, sperti bahasa jawa, Sunda, dan lain-lain. Dalam website ini telah tersedia tidak kurang dari87.000 artikel dalam bahasa Indonesia.
Kelebihan ensiklopedia online dibandingkan dengan yang cetak adalah versi online selalu di-update setiap hari bahkan beberapa peristiwa penting pada setiap hari selalu dimasukkan ke dalam database. Demikian juga kita difasilitasi dengan mesin pencarian otomatis, sehingga memudahkan  kita menemukan informasi yang dibutuhkan dalam waktu yang singkat.

d.       Media Hiburan
Di dunia maya banyak sekali website yang menyediakan informasi-informasi hiburan. Kita dapat dengan mudah mendapatkan gambar-gambar lucu, mendengarka musik, menonton film, dan lain-lain. Salah satu website yang menyediakan cerita-cerita lucu, seperti www.ketawa.com, dan untuk melihat koleksi-koleksi film di internet, kita bisa menemukannya di website www.youtube.com.

e.       Media Komunikasi
Sebagai media komunikasi, terhubung ke internet  kita dapat melakukan komunikasi secara bebas dengan sisapa saja yang telah memiliki alamat tertentu. Kita dapat berkirim surat melalui e-mail (electronic mail), berkirim pesan pendek melalui IM (instant messaging), chatting melalui yahoo messenger, komunikasi melalui VOIP (voiceover internet protocol) melakukan konferensi online melalui video conference, dan juga yang sedang digandrungi saat ini adalah miniblog, dan jejaring social.
Komunikasi iteraktif dengan menggunakan Yahoo Messenger bisa dalam bentuk teks, audio, maupun video. Selain yahoo messenger, komunikasi juga bersifat broadcast yaitu microblog. Microblog adalah suatu bentuk blog yang memungkinkan penggunanya  untuk menulis teks pembaharuan singkat dan memplubikasikannya, baik untuk dilihat oleh semua orang maupun oleh kelompok terbatas yang dipilih oleh pengguna.
Komunikasi Antara individu pengguna internet kemudian berkembang membenntuk simpul-simpul sebuah hubungan social Antara pengguna satu dengan yang lainnya melewati batas wilayah dan kemudian disebut jejaring social. Saat ini jejaring yang terkenal adalah myspace, friendstar, dan facebook.

f.        E-commerce/Toko Elektronik
Globalisasi komunikasi dan informasi dengan internet sebagai media utamanya sangat mempengaruhi gaya hidup manusia saat ini. Banyak hal yang sebelumnya hanya dapat dilakukan dengan manual, sekarang dapat dilakukan di dunia maya. Jika selama ini untuk mendapatkan sebuah produk, kita harus pergi ke took atau supermarket, saat ini kita dapat membeli suatu produk melalui internet, di mana produk tersebut berada. Demikian juga denga transaksi lain, misalnya mentransfer sejumlah uang cukup dengan melalui internet. Salah satu toko elektronik di dunia maya adalah www.bhineka.com.
Kelebihan berbelanja melalui internet adalah kita bisa melihat referensi dengan mudah, dapat membandingkan harga, dan bahkan yang tidak di jual secra bebas pun dengan mudah kita dapatkan.





















1.       KESIMPULAN
Internet merupakan suatu sistem komunikasi lobal yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia yang terhubung dalam suatu jaringan. Internet juga merupakan sekumpulan jaringan computer yang menghubungkan situs-situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Ada banyak manfaat yang kita dapatkan dengan adanya internet dan tentu saja sangat membantu dalam kehidupan kita sehari-hari. Tidak hanya manfaat yang kita peroleh tetapi dampak negatif juga akan kita dapatkan apabila kita salah menggunakannya.



















sumber

Anonimous.2010.Bahan Ajar Komputer dan Internet. Kendari:tidak diplubikasikan.
Sadiman. 2007. Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMA Kelas XII.jilid 3. Jakarta: Erlangga.
http://kumuzi.blogspot.com/2013/04/contoh-makalah-tentang-internet.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran, Fungsi dan Problematika Kurikulum 2013

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas kunjungan Anda. Tulisan ini saya himpun dari beberapa buku yang terkait dengan judul postingan ini.Jika terdapat hal-hal yang kurang dipahami dan tidak disetujui, harap maklum, saya kan bukan ahlinya, hehehehe,,,.  silahkan di baca.... A.     Pengertian dan Konsep Kurikulum Istilah kurikulum ”curriculum” pada mulanya berasal dari kata curir yang berarti “pelari” dan “curere” yang mengandung makna “tempat berpacu”, yang pada awalnya kata tersebut digunakan di dalam dunia olahraga. Pada saat ini kurikulum diartikan sebagai jarak yang harus ditempuh oleh seorang pelari mulai dari start sampai finish untuk memperoleh medali atau penghargaan. Lantas pengertian tersebut mengalami perluasan dan juga digunakan dalam dunia pendidikan yang kemudian menjadi sejumlah mata pelajaran subject yang harus ditempuh oleh seorang siswa dari awal saat ia mulai masuk sekolah hingga akhir program pelajaran itu sendiri selesai guna memperolah penghargaan

seni tari

SENI TARI 1.       Pengertian Seni Tari Tari adalah desakan perasaan manusia di dalam dirinya yang mendorongnya untuk mencari ungkapan yang berupa gerak-gerak yang ritmis. Tari juga merupakan ungkapan jiwa manusia melalui gerakan ritmis sehingga dapat menimbulkan daya pesona. Yang dimaksud ungkapan jiwa adalah meliputi cetusan rasa dan emosional yang disertai kehendak. Definisi seni tari menurut para ahli adalah sebagai berikut : a.        Kamala Devi Chattopadhyaya Seorang kritikus dan seniman India, mendefinisikan tari sebagai gerakan-gerakan luar yang ritmis dan lama kelamaan tampak mengarah pada bentuk-bentuk tertentu. b.        Corry Hartong Menurut Corry Hartong, tari ialah gerakan yang berbentuk dari ritmis dari badan di dalam ruang. c.        Soedarsono Seorang kritikus seni yang mendefinisikan tari sebagai ekspresi jiwa manusia melalui gerakan-gerakan ritmis yang indah. Dari batasan tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa media dasar seni tari adalah gerak, a

sejarah ilmu peluang

Sejarah Ilmu Peluang                                                                                                                                 Ilmu hitung peluang sesungguhnya telah digunakan oleh manusia sejak jaman kuno. Namun, penelitiannya baru dilakukan secara sungguh-sungguh oleh para ahli matematika pada pertengahan abad ke-17. Pada awalnya pemakaian ilmu hitung peluang banyak diwarnai oleh segi buruknya. Ketika itu para penjudi melakukan penyelidikan guna memperoleh informasi tersembunyi agar memenangkan permainan kartu. Akan tetapi, “analisis cerdik”mereka mengenai persoalan tersebut sebagian besar   telah dilupakan orang. Ilmu hitung peluang yang dewasa ini dikemukakan oleh tiga orang Perancis, yaitu bangsawan kaya Chevalier De Mere dan dua ahli matematika Blaise pascal serta Fierre de fermat. Pada tahun 1652, de Mere bertemu dengan Pascal dalam suatu perjalanan. Untuk memperoleh bahan pembicaraan yang menarik, de Mere yang bersemangat dengan masalah duniaw